Media Konvensional (Billboard) vs. Digital (LED Videotron)

Sebagai pengiklan atau Anda secara personal yang memang mencoba melakukan promosi maupun kebutuhan yang lain.
Pernahkah mengalami dilema antara iklan dengan konvensional seperti billboard, baliho, atau digital seperti, LED Videotron, Digital Signage? Secara efektifitas memangnya mana lebih ampuh? Mari kita ulas!

Hallo AdPoiners, pada tulisan ini saya akan membahas lebih dalam soal efektifitas dari beriklan di media konvensional versus media digital.

Pastinya Anda sebagai pengiklan pernah bertanya-tanya? “Apa iklan konvensional masih efektif di era sekarang? atau “Budget yang dikeluarkan untuk iklan di media digital, apa sebanding dengan hasil yang didapatkan”?

Berbicara tentang iklan luar ruang memang banyak pilihan dan ragam media yang tidak terbatas.
Contohnya Billboard dan Videotron dengan masing-masing memiliki kelebihannya. Jika kita lihat, billboard merupakan media yang masuk dalam kategori konvensional, sedangkan videotron adalah digital.

Iklan di media konvensional merupakan iklan dengan media cetak yang bentuknya statis, seperti: banner, baliho, billboard, atau papan reklame yang sering kita jumpai di jalan. Walaupun sudah ada sejak lama sekali, faktanya iklan konvensional seperti billboard masih menjadi pilihan utama orang-orang untuk beriklan, baik secara personal, bisnis, dan lainnya. Dengan ide-ide kreatif yang bisa diterapkan, beriklan di media konvensional masih menjadi opsi terbaik untuk melakukan campaign.

Nah, sedangkan iklan di media digital merupakan iklan yang menggunakan media dinamis (bergerak), menayangkan sebuah tampilan visual, dengan medianya seperti LED display (screen), videotron, digital signage, dan lainnya. Beberapa tahun belakangan, media ini semakin populer di tanah air. Anda bisa melihat sendiri, banyak LED display yang ada di gedung-gedung, mall, sarana umum sampai dengan ditempelkan di kendaraan.

Jika dilihat dari kelebihan masing-masing media ini, mereka memiliki satu kesamaan, yaitu: penempatan yang strategis sehingga menarik perhatian banyak audiens.

Untuk media konvensional khususnya billboard, memiliki kelebihan pada biaya yang lebih kompetitif, menjangkau area-area lokal dan informasi yang lebih mudah diterima secara utuh. Nah, lain hal untuk media digital yang ada pada konten dinamisnya sehingga lebih atraktif, pergantian teknis yang  mudah dan efisien, dapat menampilkan banyak materi iklan dan media yang lebih terintegrasi.

Secara biaya yang dikeluarkan, billboard memang tidak sebesar beriklan di videotron, hanya saja dengan media videotron anda bisa menyampaikan informasi produk dengan lebih banyak.

Media statis seperti billboard yang ditempatkan di pinggir jalan, memiliki kesempatan lebih besar dilihat secara utuh oleh para pengendara. Karena kita tahu, para pengendara memiliki waktu sedikit dalam atention span ketika melihat iklan. Jadi, beriklan di billboard lebih memungkinkan dalam penyampaian pesan yang lebih jelas.

Media digital memang terlihat lebih atraktif karena didukung oleh kontennya, tapi jangan salah, Anda juga bisa mengkreasikan billboard anda se-out-of-the-box mungkin, seperti yang dilakukan oleh Campaign Gojek pada tahun 2018 lalu.

Sedangkan media dinamis seperti videotron sangat cocok ditempatkan di tempat seperti gedung, di dalam mall, sarana umum, dan kita bisa memaksimalkan konten yang menimbulkan interaksi terhadap para audiens di campaign Anda, jika menggunakan media digital. Sehingga akan meningkatkan engagement yang tinggi. Soal ini juga sejalan dengan regulasi yang ada di beberapa tempat, salah satunya adalah daerah ibu kota; yang tidak mengizinkan membangun tiang tumbuh baru.

Kita memang harus lebih cerdik dalam menentukan spot iklan, contohnya saja, memilih spot yang ditempatkan di dekat lampu lalu lintas, jadi para pengendara yang menunggu lampu hijau bisa melihat tayangan iklan lebih lama dan pesan yang coba ingin disampaikan diterima dengan utuh. 

Kesimpulannya, baik media konvensional dan digital sama-sama memiliki kelebihan masing-masing. Jika memang ingin menyampaikan informasi dengan banyak pesan, anda bisa memilih LED videotron, tetapi jika hanya fokus pada satu pesan, lebih baik dengan billboard.

Jadi lebih ampuh beriklan di billboard atau videotron?
Tergantung. Sesuai dengan target dan kebutuhan campaign Anda!

konvensional atau digital, Anda bisa beriklan dengan media ini di AdPoint.

Terima kasih sudah membaca, semoga memberikan informasi yang bermanfaat.
Sampai jumpa kembali AdPoiners!